Home Hukum Jumlah Kasus HIV/AIDS di Jakarta Masuk Empat Besar Nasional

Jumlah Kasus HIV/AIDS di Jakarta Masuk Empat Besar Nasional

605
0

Jakarta, SINAR PAGI – Jumlah kasus HIV/AIDS di DKI Jakarta masuk empat besar tertinggi secara nasional. Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan daerahnya bukan berada di posisi tertinggi tapi ke empat.

“Bukan tertinggi, kita itu termasuk provinsi yang nomor empat. Tertinggi yang ada datanya itu Papua, Papua Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta,” katanya, di Balai Kota, Jakarta, Rabu (20/9).

Berdasarkan data 2016 jumlahnya sekitar 42 ribu kasus. Untuk mencegah bertambahnya kasus HIV/AIDS, para penderita harus diobati secara rutin.

Upaya pencegahan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta di antaranya melalui program ketuk pintu melayani dengan hati dengan mendatangi langsung para penderita HIV/AIDS. Dalam program ini dilibatkan Pokja yang rutin menggelar FGD maupun sosialisasi serta pembekalan kepada pengidap HIV/AIDS.

Peran serta masyarakat juga sangat diperlukan karena Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) tak bisa bekerja sendiri.

“Dia harus terintegrasi terpadu dengan berbagai institusi baik yang dimiliki pemprov, pemerintah pusat maupun NGO yang terlibat,” kata Djarot.

Wilayah di DKI Jakarta yang warganya paling banyak terkena HIV/AIDS tersebar. Dia pun meminta KPAP membantu menghapus stigma negatif terhadap penderita HIV/AIDS agar mereka tak dikucilkan.

“Masyarakat ada yang takut. Bahkan di masa lalu salam saja enggak mau. Makanya itu medical report-nya tetap saya minta dijaga masalah privasi supaya mereka nyaman dan aman,” pungkasnya. (MER)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here