Home Jabodetabek Disnaker DKI: BLK Restu Putri Indonesia Layak Melatih Pencaker

Disnaker DKI: BLK Restu Putri Indonesia Layak Melatih Pencaker

69
0

Rachmat Bailani,Direktur BLK RPI Hirny Sudarti.foto:ist

Jakarta – harianumumsinarpagi.com                  Sebanyak 19 pencari kerja (pencaker) kini mengikuti pelatihan di BLK Restu Putri Indonesia, Jakarta,setelah dipindahkan dari sebuah BLK yang bernama Sukses Putri Jabar di bilangan Bekasi.
Ke sembilan belas pencaker itu rencananya akan bekerja di Arab Saudi melalui program pemerintah Sistim Penempatan Satu Kanal ( SPSK).Salah satu syarat pada sistim ini harus melalui pelatihan di BLK yang memiliki lisensi dari pemerintah dan dibantu seleksi oleh Asosiasi Pengelola Pelatihan Balai Latihan kerja (AP2TKI) dengan Menenuhi standar sarana prasarana serta memiliki instruktur untuk negara Arab Saudi.

Kasi Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta Rachmad Bailani menegaskan,BLK Restu Putri Indonesia layak sebagai balai pelatihan kerja luar negeri yang memiliki perijinan lengkap dari Disnaker DKI Jakarta.

Penilaian layak tidaknya BLK yang berhak menilainya adalah dinas Ketenagakerjaan.
Hal itu dikemukakan Rachmad Bailani saat memberikan pembekalan pada 70 pencaker yang tengah mengikuti pelatihan di BLK Restu Putri Indonesia, Senin(14/8/2023).

Ketua Umum AP2TKI Lolynda Usman pada media ini,Senin (14/8/2023) pada media menjelaskan,kepindahan sembilan belas pencaker itu dimaksudkan agar mereka dilatih di BLK yang telah lolos verivikasi sehingga mereka dipastikan memperoleh pelatihan dan sertifikasi,khusus ke Arab Saudi.
Dengan demikian mereka dipastikan bisa diproses selanjutnya melalui SPSK.

Karena pada BLK lama tidak ada TUK( tempat uji kompetensi) Arab Saudi.

 

Sementara itu Kepala BLK Restu Putri Indonesia Hirny Sudarti telah memaafkan pencaker yang membuat narasi negatifnya BLK dan tetap melatih ke sembilan orang itu secara profesional.

Pada kesempatan sama dilakukan pembekalan pada 70 orang pencaker yang sedang dilatih di BLK Restu Putri Indonesia yang diisi Ketua Umum AP2TKI Lolynda Usman,dari Disnaker DKI Jakarta Rachmat Bailani,Direktur BLK RPI Hirny Sudarti dan wartawan senior penulis buku Membumikan Isu Ketenagakerjaaan, yang juga instruktur BLK LN Erwan Mayulu. *pr/fen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here