Home Ragam Sekilas Tentang Ompu Si Tor Siahaan

Sekilas Tentang Ompu Si Tor Siahaan

35
0

Jakarta-harianumumsinarpagi.com                        Semasa hidupnya siapa yang tidak kenal Paulus Siahaan Juara Monang  nomor 10  di Kecamatan Balige.Bahkan di di Kabupaten Tapanuli Utara (Sekarang Kabupaten Toba)                                         

Betapa tidak Pria beranak 9  , empat Laki laki dan 5 perempuan  ini selain pintar berbahasa Belanda  luas pergaulannya

Pria yang sedang Kita bicarakan ini semasa mudanya bekerja sebagai pedagang Kerbau dan Sapi.  Paulus Siahaan anak pertama dari dua bersaudara ini  smasa hidupnya berdagang Kerbau/Sapi hingga ke Sumatera Timur (Siantar) sampai Medan.

Kala itu belum ada kenderaan seperti Truk sehingga Kerbau/Sapi yang akan dijualnya dibawa melalui jalan kaki ( Kerbau /Sapi) di gembalakan  menelusuri hutan belantara Lembah dan bukit.

Kerja keras memang tidak pernah menghianati hasil.Sedikit demi hasil berdagang Kerbau/antar Kabupaten menuai hasil dan untungnya dikumpulkan.

Kemudian Dia imvestasikan dengan membeli sejumlah rumah di Jalan Sisingamangaraja.Tanah Darat di Huta Saragih Onan Raja Paindoan dan sejumlah  bidang Sawah.

Pendek cerita  keerja keras ompu si Tor ini masih tersisa di Kawasan Balige.Dan tidak kalah penting sisa hasil kerja kerasnya itu hingga sekarang masih ada,kendati Ia sudah   dibagi bagikan kepada ke9 Putra Putrinya.

“Saya salah seorang di antara cucunya bangga melihat ompung Saya ini semasa hidupnya.Mudah mudah cucu cucunya menjadikan sebagai Inspirasi,kata Effendi Siahaan. * penulis :Effendi Siahaan

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here