Home Jabodetabek Kemnaker Gelar Bimtek Service Excellence dan Complaint Handling

Kemnaker Gelar Bimtek Service Excellence dan Complaint Handling

60
0

SekjenAnwar  Sanusi saat membuka Bimtek..foto doc humas

Jakarta-harianumumsinarpagi.com                        Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Service Excellence dan Complaint Handling Petugas Layanan di lingkungan Kemenaker di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi berharap melalui Bimtek ini akan tercipta pemahaman mengenai batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, serta kewenangan seluruh pihak terkait  penyelenggaraan pelayanan publik.

“Semoga Bimtek ini dapat membantu seluruh pemangku kepentingan dalam melihat perspektif dinamika layanan publik ketenagakerjaan kita,  ” ujar Anwar Sanusi saat membuka Bimtek.

Anwar Sanusi menjelaskan membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik, merupakan kegiatan yang harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara tentang peningkatan pelayanan publik. “Karena itu, pelaksanaan pelayanan publik harus memiliki standar yang prima, ” ujarnya.

Bagi petugas layanan, melalui Bimtek ini diharapkan dapat memahami  kebutuhan masyarakat dan hal apa saja yang menjadikan indikator kepuasan; tahapan serta teknik pelayanan prima; dan memahami pelayanan dari sudut pandang masyarakat.

Kepala Biro Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap mengungkapkan jumlah pengaduan yang diterima Kemnaker setiap tahun terus mengalami peningkatan.
“Allhamdulillah tahun 2023, meski belum 100 persen, kita sudah selesaikan hampir semuanya pengaduan dan konsultasi layanan ketenagakerjaan,” katanya.

Urgensi Bimtek Service Excellence dan Complaint Handling Petugas Layanan ini penting digelar terkait kesiapan mental dibanding kesiapan skill dan kompetensi petugas layanan. Sebab masyarakat yang dijumpai secara offline dan online memiliki latar belakang dan tingkat emosi yang berbeda.

“Pelatihan ini penting bagaimana menstabilkan emosional sehingga kita perlu meningkatkan skill dan kompetensi bidang Complaint Handling atau penanganan keluhan ini, ” ujar Chairul.*pr/fen

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here