Home Hukum Menaker Ida Fauziyah Resmikan Gedung Vokasi

Menaker Ida Fauziyah Resmikan Gedung Vokasi

23
0

 

Jakarta-harianumumsinarpagi.com      Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meresmikan Gedung Vokasi Kemnaker yang terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kaveling 44, Jakarta Selatan, Minggu (15/10/2023). Gedung Vokasi ini akan digunakan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas.

Menurut Ida Fauziyah, pembenahan dan renovasi gedung vokasi ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholders. “Dengan adanya gedung vokasi ini diharpkan harapan terkait  program pelatihan vokasi akan semakin mudah diakses oleh seluruh masyarakat dan juga stakeholders, ” katanya.

Ditegaskan Ida Fauziyah revitalisasi pelatihan vokasi menjadi salah satu fokus terobosan pemerintah karena memiliki tiga keunggulan. Pertama, memiliki durasi waktu lebih singkat dibandingkan pendidikan formal.

Kedua, pelatihan vokasi berbasis demand driven (sesuai dengan kebutuhan industri). Ketiga inklusivitas pelatihan vokasi menjangkau semua kalangan dan mampu dikombinasikan dengan program jaring pengaman sosial lainnya.

“Tiga keunggulan tersebut dapat menjadi solusi bagi angkatan kerja Indonesia yang masih didominasi lulusan SD-SMP, ” katanya.

Revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi sesuai dengan langkah Pemerintah yang meberbitkan Perpres Nomor 68 Tahun 2022 yang bertujuan untuk mewujudkan SDM Unggul menuju Indonesia Emas 2045

“Perpres ini bertujuan meningkatkan akses, mutu, dan relevansi penyelenggaraan pendidikan
vokasi dan pelatihan vokasi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, ” ujar Ida Fauziyah.*pr/fen

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here