Home Nasional Hadapi Persaingan Dunia Kerja, Menaker Minta Mahasiswa Perkuat Kompetensi

Hadapi Persaingan Dunia Kerja, Menaker Minta Mahasiswa Perkuat Kompetensi

61
0

Menaker,Ida Fauziyah  saat memberikan kuliah umum pada Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Kota Gorontalo, Kamis (10/8/2023)..foto:doc humas

Gorontalo–harianumumsinarpagi.com                Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah meminta para mahasiswa baru Universitas Negeri Gorontalo (UNG) agar terus menjaga motivasi diri, menggali skill, dan terus memperkuat kompetensi.

Menaker mengatakan, iklim kompetisi pasar kerja sangat ketat. Dengan menyiapkan hal-hal tersebut sejak dini, ia berharap nantinya mahasiswa sudah siap menghadapi persaingan dunia kerja.

Demikian disampaikan Menaker saat memberikan kuliah umum pada Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Kota Gorontalo, Kamis (10/8/2023).

“Yang harus adik-adik lakukan adalah menjaga motivasi dalam diri adik-adik semua. Dunia pasar kerja sangat kompetitif. Adik-adik akan menemui kompetisi yang sangat luar biasa. Dalam menghadapi kompetisi seperti itu kalah menang hal yang biasa. Terus cobalah berpikir positif dan mencari peluang baru. Jangan lupa terus belajar. Belajar tidak mengenal usia,” ucapnya.

“Kompetensi yang dibutuhkan sangat dinamis maka jangan merasa puas dengan kompetensi yang dimiliki. Gali terus potensi adik-adik dengan memperkuat kompetensi adik-adik,” imbuhnya.

Ia menambahkan, adapun perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap memenuhi pasar kerja yang dinamis.

“Perguruan tinggi menjadi kontributor agar tidak terjadi gap teknologi. Perguruan tinggi harus mampu menyiapkan skill dan kompetensi tenaga kerja kita menyesuaikan pasar kerja yang sangat dinamis. Perguruan tinggi harus bisa membaca jenis-jenis pekerja baru yang muncul,”*pr/fen ucapnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here