Home Jabodetabek Menaker: Pendidikan Tinggi Elemen Penting Peningkatan Kualitas SDM*

Menaker: Pendidikan Tinggi Elemen Penting Peningkatan Kualitas SDM*

46
0

Menaker Ida Fauziyah ketika menjadi pembicara pada Symposium on
Human Capital dengan tema Towards the Digital and Sustainable Future : Human Capital Imperatives, yang diselenggarakan oleh MBA FEB Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kafegama MM, di Jakarta, Kamis (3/8/2023)..foto:doc humas

Jakarta-harianumumsinarpagi.com-Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengungkapkan, salah satu elemen penting dari peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), dan human capital Indonesia ada di peranan pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi ucap Menaker Ida, sebagai kasta tertinggi dari proses pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan yang siap untuk masuk ke dalam dunia industri, dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pemerintah terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui program kampus merdeka belajar, agar lulusannya dapat memperoleh kesempatan untuk belajar secara langsung di dunia industri,” ujar Menaker Ida Fauziyah ketika menjadi pembicara pada Symposium on
Human Capital dengan tema Towards the Digital and Sustainable Future : Human Capital Imperatives, yang diselenggarakan oleh MBA FEB Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kafegama MM, di Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Menaker Ida menjelaskan, langkah lain yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas SDM serta human capital, melalui masifikasi pendidikan dan pelatihan vokasi agar SDM Indonesia mampu bersaing di era yang akan datang.

“Ini akan menjadi langkah utama pemerintah untuk meningkatkan kompetensi dan SDM Indonesia dalam menghadapi perubahan di era digitalisasi,” katanya.

Ida Fauziyah menambahkan, sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di Indonesia, UGM memiliki peran yang sangat besar dalam proses peningkatan kualitas SDM bangsa dengan terus melahirkan lulusan yang kompeten dan bisa berkontribusi nyata bagi pembangunan bangsa.

Ia juga menegaskan kembali pentingnya peranan human capital dan pembangunan kualitas SDM untuk menghadapi era digital yang penuh tantangan.

“Saya yakin dari simposium ini dapat
memberikan perspektif baru bagi pembangunan kualitas SDM dan human capital di Indonesia,” ucap Menaker. *pr/fen

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here