Home Pantura Kemnaker Kembangkan BPVP Banyuwangi untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Kemnaker Kembangkan BPVP Banyuwangi untuk Tingkatkan Kualitas SDM

62
0

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker, Budi Hartawan pada acara Groundbreaking Pengembangan BPVP Banyuwangi, Jumat (2/6/2023) di Banyuwangi, Jawa Timur. Foto;doc humas

Banyuwangi -harianumumsinarpagi.com Kementerian   Ketenagakerjaan            mengembangkan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banyuwangi guna meningkatkan kualitas SDM yang berkompeten. Pengembangan dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Austria.

“Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Austria atas komitmennya dalam membiayai kegiatan pengembangan BLK Maritim khususnya di BPVP Banyuwangi,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker, Budi Hartawan pada acara Groundbreaking Pengembangan BPVP Banyuwangi, Jumat (2/6/2023) di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dirjen Budi mengatakan, ada dua kejuruan dan program pelatihan yang akan
dikembangkan dalam program peningkatan pelatihan kejuruan melalui Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN) Austria di BPVP Banyuwangi.

“Kejuruan yang dikembangkan adalah kejuruan pariwisata dan teknik las dengan empat komponen pekerjaan utama, yaitu konstruksi gedung, pengadaan peralatan pelatihan, pengembangan program dan modul pelatihan, serta pelatihan instruktur dan manajemen,” katanya.

Ia mengatakan, nantinya BPVP Banyuwangi memiliki peningkatan kapasitas latih di kejuruan pariwisata dan kejuruan teknis las yang berkualifikasi Eropa.

“Kami berharap BPVP Banyuwangi menjadi center of excellence untuk pengembangan kejuruan pariwisata dan teknik las, sehingga dapat memberikan kontribusi penting bagi masyarakat sekitar BPVP Banyuwangi khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya,” ucapnya.

Duta Besar Pemerintah Austria yang diwakili Konselor Komersial, Sigmund Nemeti menyampaikan rasa bahagiannya atas diselenggarakannya peletakkan batu pertama pengembangan BPVP Banyuwangi.

“Ini merupakan kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemerintah Austria dalam mengembangkan pusat pelatihan vokasi mengenai pariwisata dan teknik las,” kata Nemeti.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara BPVP Banyuwangi dan PT Industri Kereta Api (INKA) tentang Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia melalui Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi. *pr/fen

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here