Home Nasional Kalangan Buruh Diajak Rayakan May Day 2023 Dengan Suka Cita

Kalangan Buruh Diajak Rayakan May Day 2023 Dengan Suka Cita

89
0

Menteri Ketenagakerjaan,Ida Fauziyah.foto :ist

Oleh ;Effendi Siahaan Wartawan harlranumumsinarpagi.com

Kalangan Buruh di  Indonesia diajak merayakan May Day 2023 dengan Sukacita. Sebagaimana diketahui Hari Buruh Internasional  pada umumnya  umumnya dirayakan di sejumlah negara Pekerja/Buruh Indonesia juga  ikut merayakan .

Tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Dimana   pada hari Libur Nasional ini juga akan diperingati  Anak Bangsa  yaitu Pekerja/Nuru  di Seantero Indonesia dengan berbagai cara mulai melakukan aksi Demo untuk menyampaikan nerbagai tuntutan dengan harapan dikabulkan.

Hal semacam itu selama bertahun tahun dalam  mem0eringati May Day mereka lakukan untuk menyampaikan Uneg Uneg Hari Buruh 2023 diperkirakan akan nerbeda dengan Tahun tahun sebelumnya.Meski tuntutan Buruh belum dikabulkan sepenuhnya.Tetapi dalam suasana baru merayakan Idul Fitri 1444 H. Para Buruh diperkirakan akan merayakan May  Day berbeda dengan   ,sebelumnya

Bahkan  pemerintah dalam hal ini zkementerian TKetenagakerjaan  (Kemnaker) menyambut kalangan zburuh memperingati  1 Mei 2023 dengan kegiatan  positif dan sukacita bertepatan bulan Ramadhan digelar Turnamen Futsal

Pada kesempan itu  Menaker Ida menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka d pemberdayaan serikat pekerja/serikat buruh dalam memperingati Mayday dengan kegiatan yang positif sebagai ajang silaturahmi antar Serikat Pekerja/serikat Buruh melalui olahraga sehingga MayDay Tahun 2023 dapat berjalan dengan tertib dan aman. Tak lupa, Menaker Ida menambahkan pentingnya menjunjung tinggi sikap sportifitas dan persaudaraan dalam bertanding.

Melalui Kompetisi ini, orang nomor sagu di Kemnaker  ini berharap ke depan kompetisi futsal dapat diadakan dengan lingkup lebih luas lagi sehingga semangat kebersamaan selalu melekat di hati dan pikiran sahabat-sahabat SP/SB maupun para pengusaha dan pemerintah.

Sementara itu, terkait peringatan Mayday 2023, Peringatan tahun ini bertemakan “Merajut Kebersamaan antara Pekerja, Pengusaha, dan Pemerintah di Hari Yang Fitri”. Pemilihan tema Mayday tahun 2023 didasarkan dengan pertimbangan peringatan Mayday pada tanggal 1 Mei 2023 masih dalam moment hari Raya Idul Fitri1444 H.

Sebagai wujud sinergitas pemerintah, organisasi pekerja dan organisasi pengusaha, pada peringatan Mayday Tahun 2023 ini Kemnaker menginisiasi berbagai kegiatan yang melibatkan unsur Tripartit. Hal ini diharapkan dapat semakin meningkatkan rasa persaudaraan, kebersamaan dan ketahanan sosial unsur Tripartit dalam memecahkan berbagai isu-isu ketenagakerjaan yang sangat dinamis.

Menaker Ida menjelaskan peringatan tersebut akan kembali di laksanakan di Jakarta. Menaker berharap peringatan Mayday tahun ini akan dirayakan bersama dengan Bapak Presiden Joko Widodo yang tentunya harus dirayakan dengan suka cita kepada seluruh unsur Tripartit didalamnya.

“Saya berpesan kepada Tripartit (Pemerintah,Pengusaha,dan Pekerja) agar bersama rayakan May Day tahun ini dengan riang gembira, ceria, dan semangat bersama untuk meraih kesejahteraan bagi pekerja, serta semangat masa depan untuk membangun hubungan industrial yang harmonis,” ujar Menaker Ida. Fauiyah

Sebagai Ilustrasi

PBerdasarkan informasi yang dikumpulkan harianumumsinarpagi.com salah satu kegoatan untuk merayakan May Day di daerah Purbalingga tahun lalu dirayKan dengan Sikacita dimana Kurbalingga – Puluhan ribu buruh di Jawa Tengah memilih memperingati Hari Buruh atau May Day dengan kegiatan olahraga dan beragam perlombaan. Di Kabupaten Banyumas misalnya, para buruh memilih mengikuti acara senam dan jalan santai sampai lomba karaoke.

Di Kabupaten Purbalingga, acara dipusatkan di kawasan Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Purbalingga, acara ini berlangsung 4 tahun lalu tepatnya Rabu (1/5/2019) .

Bahkan acara ini diikuti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Dia berharap perayaan Hari Buruh mestinya memang momen buat bergembira dan ajang berkumpul antara buruh dengan pengusaha.

“Perayaan May Day 2023 ini memang gembira, dan dengan berolahraga.

Kita harapkan hubungan industri antara buruh dengan pengusaha semakin baik,” harap sejumlah Pekerja/Buruh ketika dihubungi harianumumsinarpagi.com di tempat terpisah Kamis (13/4/2023)

Mereka erharap acara senam massal dan jalan santai ddapat digelar di Jabodetabek seperti di Purbalingga,Jawa Tengah beberapa waktu lalu

Dimana kalangan pengusaha pun tidak mau ketinggalan .Mereka ikut memeriahkan May Day dengan menyediakan hadiah door prize,

Mulai dari pakaian, barang elektronik, sepeda hingga sepeda motor

motor.

Dengan semangat Perayaan Hari Buruh tersebut akan lll semakin menarik investor dan jadi inspirasi bagi daerah lain.

“Dengan kata lain Kalau suasana baik seperti ini jadi kondusif. Kalau kondusif investor senang akhirnya membuka lapangan kerja. Kalau sudah membuka lapangan kerja bagaimana? Pengangguran berkurang, kesejahteraan meningkat, kalangan Pekerja/Buruh Pengusaha dan Pemerintah pasti menyambut dengan baik

“Seneng banget, libur kerja dapat hiburan dan hadiah. Lebih seneng kegiatan seperti ini lebih bermanfaat,” ujar sejumlah Pekerja/Buruh yang berharap perayaan May Day 2023 berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.Paling tidak seperti di Purbalingga 3 Tahun silam
.

Sementara, perayaan May Day di Kabupaten Banyumas tidak kalah seru, dengan lomba karaoke dan senam.

Menurut Suratman, Buruh memilih acara seperti itu ketimbang turun ke jalan.

Sumber Dinas kominfo  Banyumas

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here