Home Ragam BLK Samosir Berharap Bantuan Kemnaker Ditambah

BLK Samosir Berharap Bantuan Kemnaker Ditambah

101
0
  1. Balai Latihan Kerja (BLK) samosir.foto :ist

Samosir-harianumumsinarpagi.com Balai Latihan Kerja (BLK) Samosir berharap Kepada Kemnaker Pusat menambah bantuan ke BLK yang berada di Bumi Serpihan Sorga ituL

Harapan itu disampaikan jajaran pejabat pengelola BLK samosir dan pejabat Disnasnaker Sumatera Utara ketika menerima kunjungan belasan Jurnalis /wartawan pekan lalu.

Para pejabat yang dipercaya negara mengelola BLK Somosir berharap kepada jajaran pejabat Kemnaker terutama kepada Menaker Ida Fauziyah menambah alokasi anggaran termasuk Paket ke BLK Samosir .

Kedatangan rombongan Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan belasan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Ketenagakerjaan (Forwaker), ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Samosir, di Bumi Serpihan “Surga” Pulau Samosir, Kabupaten Samosir Selasa (28/2/2023). memperoleh  informasi mengenai pembangunan Ketenagakerjaan di daerah itu

Kepala BLK UPTD BLK Samosir Dumasari Sitanggang bersama Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM, Disnaker Sumatera Utara.

Kepala BLK UPTD BLK Samosir, Dumasari Sitanggang menjelaskan dengan keterbatasan anggaran BLK itu dalam melakukan pelatihan, pihaknya berusaha untuk menjalankan program pelatihan sebagai wadah dan sarana memberikan keterampilan kepada anak bangsa warga masyarakat Samosir, dengan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap masuk pasar lerja dan menjadi Wira Usaha baru

“Kabupaten Samosir sebagai daerah tujuan wisata, kita bisa perbaiki dengan mengadakan pelatihan – pelatihan kepariwisataan, untuk bisa memancing wisatawan untuk datang ke Kabupaten Samosir,” ujar Dumasari.

Dia senang dengan terplihnya BLK Samosir sebagai tempat kunjungan Humas Kemnaker, sekaligus juga bisa membantu BLK Samosir atas kekurangan yang dihadapi selama in

Pada kesempatan itu . Ia berharap kepada Menaker Ida Fauziyah.dan jajarannya menambah bantuan ke BLK Samosir

Menurutnya kegiatan yang telah dilaksanakan BLK Samosir selama telah membantu warga Samosir dan sekitar. Namun, Dumasari juga berharap Kementerian dan Pemda untuk bisa meningkat paket kegiatan yang selama ini sangat terbatas.

“Kami siap juga berkolaborasi dengan Forwaker dan berterima kasih kepada Forwaker dalam memberi informasi kegiatan BLK. Tanpa kerjasama dengan wartawan, keberhasilan kegiatan kami pun tidak akan diketahui masyarakat,” ujar Dumasari.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir, Saut Simbolon.

Menurutnya, Pulau Samosir Serpihan Surga sebagai tempat yang indah untuk dikunjungi, karena dimanjakan mata dengan pemandangan yang indah,

KabupatenSamosir dikenal sebagai Negeri Indah Kepingan Surga.

Saut mengungkapkan, ditengah minimnya BLK Samosir dari segi sarana dan prasarana, pihaknya tetap berupaya, mengembangkan potensi daerah, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Samosir melalui pelatihan pelatihan kerja setiap tahunnya di BLK ini

“Pelatihan dilaksanakan berbasis kompetensi, yang bersumber anggaran dari DIPA Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan.

Kami berterimakasih kepada BBPVP Medan yang telah membina kami melalui BLK Samosir, sehingga selalu melakukan pelatihan yang bersumber dari APBN,” ujar Saut

Dengan adanya pelatihan ini tambahnya, banyak masyarakat Kabupaten Samosir yang membuka usaha, bahkan ada sudah bekerja. Begitu juga dengan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Samosir ketika mendapatkan informasi pelatihan kerja.

“Mengingat potensi daerah dan Danau Toba sebagai sumber destinasi wisata, maka pengembangan UMKM dan pelatihan, sangat kami butuhkan. Kami berharap BBPVP Medan dapat memberikan tambahan pelatihan untuk mendukung UKM dan bidang lainnya,” harap Saut.

Usai dialog tersebut, Karo Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap dan Forwaker berkesempatan meninjau pelatihan Tata Kecantikan di Gedung Pelatihan Tata Kecantikan BLK Samosir.

Dihadapan peserta pelatihan Tata Kecantikan BLK Samosir Tahun Anggaran (TA), Karo Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap berpesan kepada peserta pelatihan Tata Kecantikan, punya tujuan yang jelas dan motivasi yang kuat untuk mengikuti pelatihan Tata Kecantikan ini.

“Dalam pelatihan ini, agar punya tujuan yang jelas dan punya motivasi yang kuat, harus sebanyak banyaknya ‘merampas’ ilmu pelatihan kecantikan ini. Jika selesai pelatihan, tidak bisa bekerja di industri Kecantikan, minimal memiliki wirausaha kecantikan,” ujar Chairul Harahap.

Pada Tahun Anggaran (TA) 2022, BLK Samosir telah melakukan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) kepada 272 orang peserta pelatihan, yang dibagi menjadi lima (5) bidang kejuruan, yaitu pelatihan bidang Menjahit, Tata Kecantikan, Tata Boga, Instalasi Listrik dan pelatihan Mengelas (Welding).

Dari lulusan pelatihan kerja tersebut, yang telah berwirausaha sebanyak 98 orang dan 13 orang sudah bekerja. *fen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here