Home Hukum Irjen Kemnaker Minta APIP Terus Bertransformasi

Irjen Kemnaker Minta APIP Terus Bertransformasi

20
0

Irjen  Kementerian Ketenagakerjaan, Estiarty Haryani  ketika   membuka Rapat Kerja Inspektorat Jenderal 2022 pada Rabu (9/11/2022) di Bandung, Jawa Barat.foto :doc humas

Bandung-harianumumsinarpagi.com                    Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) , Estiarty Haryani meminta Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) agar terus bertransformasi, yaitu dengan melakukan inovasi, memiliki kesadaran diri, dan bersinergi.

Dengan begitu, kata Irjen Esty, Inspektorat Jenderal diharapkan dapat menjadi pembuat solusi (problem solver) dalam menyelesaikan permasalahan Kemnaker.

Irjen Esty menyampaikan hal tersebut saat membuka Rapat Kerja Inspektorat Jenderal 2022 pada Rabu (9/11/2022) di Bandung, Jawa Barat.

“Jangan terjebak dalam formula yang sama terus-menerus. APIP harus mampu berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Jika kita melakukan pekerjaan dengan berpatokan pada kalimat ‘biasanya seperti ini, biasanya seperti itu’ akan sulit untuk kita melangkah maju,” kata Irjen Esty.

Menurutnya, sebuah kebiasaan belum tentu benar dan kebenaran belum tentu terungkap jika terus mengikuti kebiasaan. Untuk itu, APIP perlu berkreasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Ciptakan hal-hal out of the box ataupun creative thinking, di mana APIP harus mulai mengeksplor ataupun berkreasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ucapnya.

Ia juga menekankan APIP agar menumbuhkan self awareness atau kesadaran diri dalam menganalisa, memahami, dan mengevaluasi kemampuan serta potensi diri.

Ia menilai kesadaran diri sangat berperan bagi APIP dalam menghadapi berbagai macam karakteristik audit dan rekan kerja, baik di Kemnaker maupun K/L/D lainnya agar dapat mengendalikan pikiran dan perasaannya terhadap orang lain.

Adapun terkait peningkatan sinergi dan kolaborasi, ia memandang hal tersebut sangat penting dilakukan dalam suatu pekerjaan tim. Untuk itu ia meminta APIP agar tidak ragu dalam mentransfer pengetahuannya, sehingga kompetensi dapat dimiliki merata oleh semua personil Inspektorat Jenderal. *pr/fen

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here