Home Jabodetabek Global Job Fair Bekasi Sediakan 15.000 Lowongan Pekerjaan

Global Job Fair Bekasi Sediakan 15.000 Lowongan Pekerjaan

29
0

Menaker ,Ida Fauziyah.foto:doc humas

Bekasi–harianumumsinarpagi.com          Guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional, Kementerian Ketenagakerjaan dan PT Screening Indonesia Integra menggelar ‘Global Job Fair 2022’ pada 7-8 September 2022, di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) kota Bekasi, Jawa Barat. Bursa kerja ini diikuti 3000 perusahaan dengan 15.000 lowongan pekerjaan, menargetkan kuota pencari kerja kurang lebih 30.000 orang.

Dalam sambutannya di BBPVP Bekasi Kamis (8/9/2022), Menaker Ida Fauziyah mengatakan sudah bukan rahasia umum, setiap perusahaan bersaing untuk merekrut pekerja terbaik. Melalui Job Fair, perusahaan juga dapat memperoleh gambaran kondisi mengenai tenaga kerja yang umumnya tertarik untuk melamar di perusahaan mereka.

“Karena itu, job fair ini juga berfungsi untuk membangun proses rekrutmen pekerja oleh perusahaan secara lebih optimal, ” ujar Ida Fauziyah.

Sementara dari sisi tenaga kerja, melalui job fair akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan peluang kerja serta pendidikan dan keahlian yang dibutuhkan. Jika mereka belum diterima bekerja saat ini, maka job fair ini berfungsi sebagai jendela informasi bagi mereka terkait perkembangan keterampilan yang dibutuhkan di pasar kerja. “Sehingga mereka dapat meng-upgrade kemampuan diri, khususnya dalam menghadapi tantangan digitalisasi, ” kata Ida Fauziyah.

Menaker Ida memahami mencari kerja, bukanlah perkara mudah di masa pemulihan ekonomi saat ini. Peluang maupun kesempatan kerja pun tak sesemarak sebelum pandemi COVID-19.

“Saya berharap melalui Global Job Fair yang mempertemukan antara pemberi kerja dan pencari kerja ini, dapat mengurangi pengangguran dengan adanya 15.000 kesempatan kerja, ” ujarnya.

Kepada perusahaan, Menaker Ida Fauziyah juga berpesan agar memanfaatkan acara Job Fair ini sebaik-baiknya. “Lakukan proses rekruitmen pegawai secara adil, fair, dan transparan, karena hal ini akan meningkatkan value perusahaan anda juga di mata masyarakat, ” katanya.

Pemerintah lanjutnya Menaker Ida, memberikan apresiasi kepada stakeholder yang berkolaborasi kepada pemerintah dalam memberikan pelayanan ketenagakerjaan seperti Job Fair ini, karena hal ini menunjukkan swasta dan pemerintah tak bisa bekerja sendiri-sendiri.

“Pemerintah merasa senang, bahkan mengundang perusahaan selain PT Screening, yang memiliki semangat sama dengan pemerintah, memfasilitasi pelayanan ketenagakerjaan kepada masyarakat, ” katanya. *pr/fen

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here