Home Ragam Syaefudin: Peselancar Ulung dalam Dinamika Politik Indramayu

Syaefudin: Peselancar Ulung dalam Dinamika Politik Indramayu

316
0

Indramayu – harianumumsinarpagi.com,

Saat banyak orang ditanya siapa sosok politisi lokal di Indramayu yang paling berpengaruh, jawaban yang kerap terlontar adalah Syaefudin. Jawaban tersebut cukup beralasan mengingat posisinya saat ini sebagai Ketua DPRD Indramayu dan Sekretaris DPD Partai Golkar Indramayu, partai pemenang Pemilu 2019 di Indramayu kemarin.

Popularitasnya pun semakin melejit berkat deklarasinya untuk maju sebagai calon bupati di Pilkada Indramayu pada 9 Desember mendatang. Suami dari Idah Nuryani tersebut menggandeng Ami Anggraeni sebagai wakilnya.

Meski begitu, deklarasi ini sempat memicu dinamika di tubuh Partai Golkar Indramayu. Sebab dari internal Partai Beringin tersebut, muncul calon lain yang memiliki hasrat yang sama. Menanggapi hal tersebut, selayaknya politisi senior yang kenyang asam dan garam, Syaefudin memilih tenang dan santai.

Daripada memikirkan dinamika yang pasti terjadi di partai manapun dan dalam lembaga politik apapun, Syaefudin lebih memilih untuk fokus dalam tugasnya sebagai Ketua DPRD Indramayu.

Kesibukan Sebagai Wakil Rakyat

Jabatan sebagai Anggota DPRD Indramayu merupakan amanah Syaefudin yang ketiga kali. Sejak tahun 2009, dirinya sudah malang-melintang di Gedung yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman tersebut.

Dari masa baktinya itulah Syaefudin banyak belajar untuk berbakti pada rakyat dan negara. Sebab dengan menjadi anggota dewan, apalagi berulang kali terpilih, dirinya tentu sangat sering mendengar keluh-kesah rakyat yang diwakilinya.

Berbagai Komisi di DPRD Indramayu sudah pernah ditempatinya. Ketua Fraksi Partai Golkar juga sempat diembannya. Ditambah lagi amanahnya sekarang sebagai Ketua DPRD yang notabene menjadi pimpinan dari berbagai siding-sidang yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Sebagai pimpinan lembaga sosial kemasyarakatan Karang Taruna Kabupaten Indramayu, dirinya juga banyak menerima aspirasi kepemudaan terutama kondisi sosial dan kepemudaan yang masih membutuhkan partisipasi berbagai pihak. Ditambah lagi, kebiasaannya yang turun ke bawah tanpa sekat membuat banyak pihak mengeluhkan leluasa untuk menyampaikan berbagai masalah mereka.

Dari situlah kemudian Syaefudin merasa bahwa dengan menjadi Anggota DPRD Indramayu, yang notabene memegang tampuk kekuasaaan legislatif, belum sepenuhnya menjadi jalan keluar buat pemecah masalah banyak orang yang ditemuinya. Sehingga niatan untuk memimpin eksekutif muncul di benaknya secara alami.

Saat ini sudah banyak yang menantikan kiprah Syaefudin selanjutnya. Terutama niatannya untuk maju di Pilkada Indramayu 2020 yang tahapannya sudah dimulai saat ini. Penantian itu bahkan bukan hanya datang dari para pendukungnya, tapi juga oleh mereka yang berposisi sebagai seterunya dalam politik. 

Seteru tersebut tentu bakal bernafas lega, seandainya Syaefudin terjungkal dalam proses internalisasi partainya sendiri. Sebab sebagaimana diketahui, sosok yang satu ini merupakan peselancar ulung dalam ombak besar politik Indramayu.

Yang paling menarik adalah bakal seperti apakah Indramayu ketika seseorang yang memotivasi, merakyat, dan tegas dalam memimpin seperti Syaefudin menjadi orang nomor satu di Kota Mangga ini? Sangat layak ditunggu. *kacim

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here