Home Nasional Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Meminta Dinas Ketenagakerjaan Segera Mengoperasikan BLK

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Meminta Dinas Ketenagakerjaan Segera Mengoperasikan BLK

457
0

Cikarang Pusat, harianumumsinarpagi.com– Bekasi merupakan salah satu daerah kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Lebih dari 4000 perusahaan berdiri, tentunya menjadi salah satu pusat perekonomian terbesar di Indonesia.

“Dengan banyaknya perusahaan, tentunya banyak juga kesempatan bekerja bagi masyarakat pribumi,” kata Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kabupaten Bekasi, Anden, kepada harianumumsinarpagi.com

Menurutnya, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi dapat menjembatani para masyarakat pribumi pencari kerja ditengah-tengah membludaknya penduduk pendatang ke Kabupaten Bekasi.

Selain itu, dirinya meminta kepada Dinas Tenaga Kerja agar segera melengkapi fasilitas (alat peraga -red) yang dibutuhkan di Balai Latihan Kerja (BLK) guna salah satu upaya peningkatan atau memaksimalkan keahlian masyarakat pribumi Kabupaten Bekasi.

“Sekarang banyak perusahaan yang menginginkan para pekerja nya memiliki keahlian dan siap masuk dalam dunia usaha,” ucapnya.
Pasalnya, Balai Latihan Kerja (BLK) di peruntukan khusus bagi masyarakat yang mempunyai kartu tanda penduduk wilayah Kabupaten Bekasi.

“Hal tersebut masih banyak ditemui di masyarakat pribumi yang belum mendapatkan pekerjaan,” ujarnya. Selain itu, Lanjut Anden, untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Bekasi, Dinas Tenaga Kerja dapat memaksimalkan kerjasama dalam bidang penempatan kerja terhadap perusahaan-perusahaan.

“Jika sudah mendapat pelatihan, mempunyai keahlian, banyak perusahaan yang membutuhkan berbagai skil (kemampuan-red) tersebut tentunya dengan mudah memasuki pasar kerja,” terangnya.

Hal ini masyarakat harus dapat memanfaatkan dengan baik Balai Latihan Kerja melalui Dinas Tenaga Kerja sehingga masyarakat dapat merasakan dampak positif dari program pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

Skil tentunya sebagai salah satu modal dasar yang dimiliki seseorang dapat bersaing di perusahan. “Di BLK ada berbagai pelatihan seperti welding las, las Co2, pemrograman, administrasi perkantoran, instalasi listrik, lustril PLC, body repair kendaraan ringan, otomotif sepeda motor, operator CNC, mesin produksi dan teknik kendaraan ringan,” ujarnya.

Hal tersebut dapat menjadi wadah bagi masyarakat yang telah siap terjun ke dunia kerja. Dan Dinas Tenaga Kerja dengan mudah dapat menempatkan para peserta pelatihan yang telah lulus dan mendapat sertifikasi.

“Itu kan bisa dijadikan satu sistem, jadi yang sudah dapat sertifikat pelatihan dapat langsung bekerja di perusahaan yang telah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja,” terangnya.

Dikatakanya, untuk mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja sangatlah mudah dan tidak dibebani biaya apapun.
“Mendaftar dengan menyerahkan identitas kartu tanda penduduk Kabupaten Bekasi, dan ijasah terakhir,” katanya.

Selain mempunyai keterampilan yang di dapat dari BLK, tentunya masyarakat Kabupaten Bekasi hendaknya tidak mengabaikan jenjang pendidikan hingga Sarjana.
Untuk itu, dirinya sangat berharap BLK dapat segera di operasikan guna melayani kebutuhan masyarakat Kabupaten Bekasi demi meningkatkan keahlian dalam dunia kerja.*adv/Samuel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here