Home Nasional Forwaker Akan Menjalin Kerjasama Dengan LBH

Forwaker Akan Menjalin Kerjasama Dengan LBH

494
0
Forwaker gelar Raker di Lembang .Jawa Barat.Jumat (4/5) dan Sabtu (5/5) Tampak peserta Raker Wartawan Junior dan Senior berfoto bersama.(Foto/sp.ist)

Lembang, harianumumsinarpagi.com- Kemerdekaan Pers merupakan salah satu perwujudan kedaulauatn rakyat dan merupakan unsur penting dalam kehidupan yang demokratis. Dengan adanya kemerdekaan itu maka pertanggungjawaban kepada rakyat terjamin, sistem penyelenggaraan negara yang transparan berfungsi dan keadilan serta kebenaran terwujud dengan baik.

Demikian sambutan Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan Sahat Sinurat SH MH sambutan terlulis yang dibacakan Kasubag Pemberitaan Kemnaker Dicky Risyana disela sela peputupan Rapat Kerja ( Raker) Forum Wartawan Ketenagakerjaan (Forwaker) di Lembang, Sabtu (5/5). Raker ini bertajuk “Meningkatkan Profesionalisme Wartawan”.

“Pers yang juga melaksanakan kontrol sosial sangat penting untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan baik korupsi, kolusi, nepotisme ( KKN) ataupun penyelewengan dan penyimpangan lainnya,” kata Sahat Sinurat SH MH

Forwaker telah berdiri sejak puluhan tahun silam. Para pengurusnya pun silih berganti. Dalam perkembangannya, organisasi wartawan ini kerap menyuarakan dan mensosilisasikan informasi dan program ketenagakerjaan kepada masyarakat. Namun sebagai sosial kontrol, Forwaker juga tetap tampil mengkritik pelaksanaan pembangunan ketenagakerjaan yang tidak sesuai dengan peraturan dan kebijakan terutama soal pelaksanaan program yang menggunakan APBN.

Seiring dengan itu, Sahat Sinurat SH MH yang akan memasuki masa pensun menegaskan, insan Pers tidak perlu sungkan menyampaikan fakta lapangan. Apalagi jika informasi itu dapat digunakan untuk melakukan pembenahan. Meski demikian, ujarnya, saat melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, Pers juga harus menghormati hak azasi setiap orang. Artinya, Pers juga harus profesional dan terbuka untuk dikontrol.

Dalam pasal 28 UUD 1945 disebutkan adanya jaminan kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pendapat dengan lisan dan tulisan. Sejalan dengan undang undang tersebut, UU No. 40/1999 tentang Pers menyebutkan, wartawan bebas memilih organisasi wartawan.

Dalam kaitan ini, Forwaker merupakan wadah sesama pers yang melakukan peliputan bidang Ketenagakerjaan. Bahkan Forwaker diharapkan sebagai sarana peyeimbang berita dan membantu mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat terkait peraturan dan pembangunan ketenagakerjaan.

“Tanpa dukungan Media, informasi dan peraturan Ketanagakerjaan tidak akan sampai ke masyarakat. Kami sadar, Media menjadi patner atau mitra Kemnaker untuk untuk menyebarkan informasi kepada mayarakat mengenai program dan peraturan ketenagakerjaan. Untuk itu, kami membuka peluang yang lebar terhadap catatan dan masukan dari masyarakat dan insan pers bagi kemajuan bangsa dan negara,” tambah Sahat Sinurat SH, MH

Sementara itu, Ketua Forwaker Ir Friendly Sianipar ketika membuka Raker itu menegaskan, dalam menjakankan tugasnya, setiap anggota Forwaker harus mengedepankan UU No. 40/1999 tentang Pers serta Kode Etik Jurnalistik. “Kita harus menjunjung tinggi kedua aturan hukum itu untuk menunjukan profesionalisme dan kemandirian kita sebagai wartawan,” katanya sambil menambahkan, seluruh anggota Forwaker dilarang membuat dan menyebarkan berita palsu alias hoax.

Dia mengatakan, jurnalis yang profesional dan mandiri itu harus memiliki pengetahuan dalam beberapa bidang tertentu serta perilaku dan moral yang baik.

Raker Forwaker berhasil merumuskan enam ponit. Pertama, Forwaker menyepakati kebersamaan dan menjunjung tinggi profesionalisme dalam melaksanakan tugas kewartawanan di lingkungan Kemnaker. Kedua, dalam melaksanakan tugas kewartawanan, Forwaker menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah serta berpegang teguh pada UU 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Ke empat, tetap melakukan fungsi sosial edukasi, informasi dan fungsi sosial kontrol di lingkungan Kemnaker. Kelima, dalam rangka meningkatkan profesionalisme, Forwaker akan meningkatkan kompetensi, baik  keterampilan kewartawanan maupun perilaku. Keenam menjalin kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) *rn/fen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here