Home Ekonomi Staf Ahli Menaker: Job Fair Sarana Penting Bagi Pencari Kerja

Staf Ahli Menaker: Job Fair Sarana Penting Bagi Pencari Kerja

450
0
Ilustrasi

Jakarta-harianumumsinarpagi.com– Staf Ahli Menteri Ketenagakerjaan Bidang Kebijakan Publik DR Reyna Usman mengemukakan pelaksanaan Job Fair atau bursakerja masih menjadi sarana penting bagi para pencari kerja dalam mengakses pasar kerja langsung.

Karena itu pelaksanaan job fair baik di perkotaan maupun di daerah perlu dilaksanakan dengan mengembangkan konsepnya seperti job fair berbasis digital sejalan dengan perkembangan jaman memasuki era revolusi industri 4.0.

DR Reyna Usman mengemukakan, kebijakan pemerintah terhadap sektor ketenagakerjaan sangat memprioritaskan penempatan dan penciptaan perluasan tenaga kerja dan mengedepankan pekerjaan yang layak bagi semua.( Decent work for All) .

DR Reyna Usman menyampaikan angkatan kerja Indonesia pada posisi Agustus 2017 adalah 128.06 juta orang .Yang bekerja 121 02 jt Orang sehingga masih terdapat 7.04 juta orang jumlah penganggur terbuka.atau 5.50 %.

Dijelaskan masa Pemerintahan Jokowi – JK, katanya, pencapaian kinerja menunjukkan kemajuan antara lain pertumbuhan ekonomi meningkat dari 5,01% pada kwartal 1 2017 menjadi 5,06 pada kwartal 111 2017 . Hal itu diikuti punurunan pengangguran dari 5,61 Agustus 2016 menjadi 5,50 % pada Agustus 2017 .

Walaupun demikian DR Reyna menegaskan perlu upaya perbaikan pelayanan dan kerja sama yg terintegrasi antara pemerintah daerah sektor swasta, Kadin Apindo dan sektor Usaha kecil Menengah dalam menciptakan percepatan Lowongan kesempatan dan perluasan  kerja secara Nasional sebagaimana target Presiden  Joko Widodo menuju 10 Juta hingga 2019 nanti .
Staf Ahli Menaker DR Reyna Usman dan Irianto Simbolon didamping Bupati Ermiliani Hasanudin Murad saat job fair di Barita Kuala

Hal itu dikemukakan Reyna Usman saat dihubungi Wartawan Kamis (26/4) kemarin sesaat setelah DR Reyna Usman membuka job fair di Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Pada pelaksanaan bursa kerja di Barito Kuala itu dia menyaksikan kebahagian pencari kerja di daerah itu bisa mengakses lowongan kerja secara langsung. Pada bursa kerja itu hadir pula Staf Ahli Menaker Irianto Simbolon.

Karena itu DR Reyna mengapresiasi langkah pemerintah daerah yang dipimpin Bupati Ermiliani Hasanudin Murad dan jajarannya melaksanakan kegiatan itu.

Sementara kondisi Kabupaten Barito Kualaj Sakernas 2017 jumlah angkatan kerja per Agustus 2017 adalah 169 242 orang. Penduduk yang bekerja di daerah itu mencapai 162.497 0rang, sehinnga pengganggur terbuka masih 3.99 % atau sebesar 6745 orang .

Data ini menunjukkan bahwa prosentasi penggangguran daerah ini lebih rendah dari tingkat pengangguran secara Nasional .

Hal itu menurutnya prestasi kepemimpinan Bupati dan jajarannya yang telah memberi perhatian dan prioritas pada program penciptaan lapangan kerja untuk mencapai target nasional Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan produktivitasr rakyat dan daya saing dipasar Internasional ( Nawa Cita no 6 )

Pada Job Fair tersebut lowongan banyak diberikan oleh perusahaan swasta Nasional di daerah Kalsel seperti dari Hasnoor Group , PT Adaro ,juga BUMN dan perusahaan Industri Kreatif dan jasa Hospitality ( hotel ) * jm/fen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here