Home Jabodetabek Juanda: Baru 112 Orang Kelulusan di Kab Bekasi Tersertifikasi

Juanda: Baru 112 Orang Kelulusan di Kab Bekasi Tersertifikasi

551
0
Kabid Pelatihan Dinas Kabupaten Bekasi, Rahmat Juanda

Bekasi, harianumumsinarpagi.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi telah melakukan sertifikasi sebanyak 112 orang dari tingkat kelulusan sekolah di wilayah setempat.

“Tahun ini yang sudah tersertifikasi baru 112 orang yang sesuai dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” ujar Kabid Pelatihan Kerja Disnaker Kabupaten Bekasi Juanda Rahmat diruang kerjanya, Senin (23/10/2017). Saat ini, 112 orang tersebut masih dalam proses penyeleksian kelulusan di BNSP.

Disnaker Kabupaten Bekasi telah melakukan kerjasama dengan BNSP dalam program pensertifikasian. Program itu dibiaya (gratis) oleh APBD.

Uji kompetensi di BNSP ini sangat selektif dalam kelulusan sertifikasi. BNSP sendiri tidak akan mengeluarkan lisensi mulai dari welding las, Instalasi listrik, otomotif dan sebagainya, jika tidak ada standar nasional.

“Kenapa, ketika kita kirim kelulusan di bawah standar ke luar negeri, Indonesia jadi malu,” papar Juanda.

Adapun 10 dari 12 bidang yang sudah masuk dalam uji kompetansi diantaranya, pelatihan mesin produksi, operator CNC/bubut, welding las, welding las Co2, instalasi listrik PLC, tehnik otomotif rem manual, tehnik kendaraan ringan, otomotif sepeda motor, tehnik body elektrical sepeda motor.

“Dua bidang lagi belum uji kompetensi seperti pelatihan administrasi perkantoran dan pemprograman. Karena memang standar acuannya belum ada,” jelasnya.

Ditambahkan, ada sejumlah sekolah tingkat kejuruan (SMK) maupun sekolah tingkat menengah (SMA) di wilayahhnya sudah bekerjasama dengan Disnaker setempat.

“Untuk kelulusan baru kami latih di balai latihan kerja (BLK). Setelah dilatih di asrama BLK (Cevest) akan disalurkan ke sejumlah negara seperti Jepang dan Korea” katanya.

Tahun ini, katanya, ada 18 orang dari BLk Cevest Bekasi yang disalurkan ke Jepang dan Korea. *samuel/dharma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here