Home Jabodetabek Hanya untuk Ambil Surat Rujukan di RS Bella-Bekasi, Pasien BPJS Harus Menunggu...

Hanya untuk Ambil Surat Rujukan di RS Bella-Bekasi, Pasien BPJS Harus Menunggu Berjam-Jam

107
0
SHARE
Hanya untuk mengambil Surat Rujukan dari RS Bella Bekasi Timur harus menunggu selama berjam jam. Foto: SP/fen

Bekasi-harianumumsinarpagi.com,

Pelayanan terhadap pasien peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit (RS) Bella Kotamadya Bekasi, Senin, (20/7) sangat tidak efisien. Pasalnya, cuma untuk mengambil rujukan, mereka harus menunggu berjam-jam. Puluhan bahkan ratusan pasien, terutama yang akan berobat ke bagian saraf untuk mengambil surat rujukan, terpaksa membuang waktunya secara percuma.

Salah satu penyebabnya adalah karena dokter yang bertugas sekitar pukul 10 pagi tidak kunjung tampak di ruang prakteknya. Padahal, puluhan bahkan ratusan pasien sudah memadati ruang tunggu mulai dari sekitar pukul 8 pagi.

“Ironis memang hanya untuk mengambil surat rujukan saja harus berbelit belit,” ungkap sejumlah pasien kepada harianumumsinarpagi.com. Para peserta BPJS Kesehatan ini mengimbau agar Pengelola BPJS Kesehatan dan Pemkot Bekasi untuk segera membenahi sistem pelayanan kesehatan di kotamadya Bekasi, termasuk soal surat rujukan.

Mereka berharap surat rujukan dari puskesmas dapat langsung digunakan untuk berobat ke RSUD Bekasi. Terutama, bagi pasien kronis atau yang memang membutuhkan pelayanan kesehatan lebih lengkap. Tidak seperti selama ini harus ambil lagi rujukan online, misalnya ke RS Bella atau RS lainnya, baru dapat berobat ke RSUD Bekasi. Rujukan itu pun baru bisa diperoleh setelah antri berjam jam.

“Kondisi ini sangat menyedihkan,” ujar seorang pria, warga Aren Jaya Bekasi Timur yang harus berjam-jam menunggu demi mendapatkan rujukan untuk istrinya yang harus kontrol rutin setiap bulan ke RSUD Bekasi karena stroke. Ia berharap agar ke depannya kondisi ini bisa diperbaiki. Apalagi, banyak pasien lanjut usia yang harus ikut menunggu. Mereka hanya dapat mengeluh kelelahan tanpa mampu berbuat apa-apa. *fen