Home Ekonomi BBPLK Medan Fokus Melatih Bidang Pariwisata dan Kontruksi

BBPLK Medan Fokus Melatih Bidang Pariwisata dan Kontruksi

975
0
SHARE
BBPLK Medan melatih khusus bidang Pariwisata dan Kontruksi. (foto :sp/ist)

Medan, harianumumsinarpagi.com– Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja ( BBPLK ) Medan. Sumatera Utara (Sumut) yang sebelumnya dikenal masyarakat luas sebagai BBPLK bidang Indutri dan Otomotif sejak benerapa tahun terakhir ini berubah total Dimana BBPLK yang sedang kita bicarakan ini tidak lagi melatih pekerja dibidang Otomotif dan Industri.

Tetapi sudah berubah hanya melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Program 3R Boarding Pelatihan hanya kejuruan Bangunan (Infrastrukur) dan Pariwisata sub kejuruan surveyor (2 paket), finishing teknik oles, finishing teknik semprot, tour guide dan front office agent.

Bahkan Untuk pembukaan enam paket gelombang pertama ini peserta boarding berasal dari Pasaman Barat, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Kerinci, Labuan Batu dan Aceh. Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian ATR/BPN dalam bidang pelatihan surveyor (juru ukur) yg di tandatangani langsung oleh kedua dirjen. Demikian dikatakan Kepala BBPLK Medan.Facfurozi kepada Wartawan di ruang kerjanya Kamis (19/7)

Menurut Facfurozi pihaknya melaksanan program 3R melalui Surat Keputusan (SK) Menaker Hanif Dhakiri masih mengalami sejumlah kendala. Kendati anggaran dari Direktorat Binallatas Kemnaker.relatif besar. BBPLK Medan masih membituhkan antara lain Anggaran atau Dana yang lebih besar untuk melaksanakan program 3R.

Karena itu Dia berharap Pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota yang menggunakan fasilitas BBPLK Medan.Sumut diharapkan memberikan perhatian atau dukungan dana melalui APBD.Pasalnya selama ini Pemerintah Daerah terkesan kurang memberikan dukungan. Pemda terkesan hanya mengharapkan dar Pusat dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan.Padahal yang mendapat manfaat dari pelatihan di BBPLK Medan.

Ddalah Pemerintah? Daerah (Pemda).tambah Fahfurozi Dijelaskan BBPLK Medan.Sumut sejak neralih melatih ke bidang Pariwisata dan Infrastruktur tanggungjawabnya semakin besar Karena diperintahkan melalui SK Menaker melatih tenaga kerja dari seluruh Nusantara yang hendak belajar di bidang Pariwisata dan Kontruksi.ujar Fahfurozi Dia optimis dapat melaksankan program 3R asal mendapat dukungan dari Kemnaker dan Pemerintah Provinsi dan Kab/kota. Sebab masihh ada kendala seperti praktek peralatan prakek priwisata dan ruangan/gedun g termasuk asrama bagi peserta pelatihan fi BBPLK Medan * effendi siahaan