Home Nasional Razia Gabungan TNI – POLRI – Satpol PP Kota Kediri, Berhasil Mengamankan...

Razia Gabungan TNI – POLRI – Satpol PP Kota Kediri, Berhasil Mengamankan Puluhan Miras

752
0
SHARE

Kediri, harianumumsinarpagi.com- Operasi gabungan yang terdiri dari unsur TNI – POLRI dan Satpol PP Kota Kediri kembali digelar, pada Senin ( 26 / 03 ) malam. Sebelum melaksanakan operasi , terlebih dahulu dilaksanakan apel kesiapan operasi gabungan dipimpin oleh kasi trantib Satpol PP kota kediri Agus Rukmono.

Dalam apel kesiapan tersebut, Agus Rukmono menyampaikan , yang intinya bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi untuk mewujudkan kota Kediri yang aman dan kondusif dari berbagai permasalahan terkait Kamtibmas serta penyalahgunaan Narkoba/Miras.

Begitu mudahnya mendapatkan miras oplosan di kota kediri, Jawa Timur dan sudah terbukti memakan korban jiwa secara sia – sia akibat mengkonsumsi minuman keras oplosan ( beralkohol ).

Hal ini dibuktikan dalam razia gabungan yang melibatkan unsur dari Satpol PP Kota Kediri, POLRI, Sub Denpom V Kediri dan Kodim 0809, pada Senin ( 26 / 03 ) malam, puluhan miras yang dikemas dalam botol kemasan ( aqua ) berhasil diamankan petugas.

Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri Nurkhamid menguraikan kepada harianumumsinarpagi.com, sasaran pertama dalam giat operasi gabungan ini yaitu Dermaga bantaran Sungai Brantas dengan prioritas pemeriksaan terhadap pengunjung warung – warung yang tidak membawa identitas ( KTP ) serta kemungkinan terkait dalam penyalahgunaan narkoba dan miras.

” Di sasaran pertama ini berhasil mengamankan 4 orang laki – laki dan satu orang perempuan yang kedapatan membawa miras serta ditemukan satu botol kosong bekas miras di salah satu lapak warung yang sudah tutup “, katanya, Selasa ( 26 /03 ).

Setelah selesai menyisir di warung – warung dermaga yang berada di bantaran Sungai Brantas , sasaran selanjutnya adalah PKL yang berada diantara pasaraya Sri Ratu ( Kediri Mall ) dan Metro Palace karaoke.

Di salah satu warung yang diketahui milik Iswahyudi, yang merupakan warga Jln. Patiunus , Rt. 01/ 01 , Kelurahan Dandangan , Kota Kediri ini berhasil ditemukan puluhan botol miras/ arak jowo yang dijual dengan dikemas dalam botol minuman mineral (Aqua ).

“Setiap hari ada yang kirimi, atau jika habis, tinggal hubungi kemudian dikirim,” jelas Iswahyudi saat dikonfirmasi harianumumsinarpagi.com.

Meski begitu, Iswahyudi mengaku tidak tahu siapa yang membuat atau alamat kurir yang mengirimi dagangan miras oplosan tersebut.

Dari keterangan sejumlah masyarakat dan pengakuan dari sejumlah keluarga korban yang meninggal dunia karena over dosis mengkonsumsi miras oplosan, kawasan Jalan Patiunus tersebut sudah familiar di telinga warga Kota Kediri, khususnya penikmat miras oplosan.

Dalam operasi gabungan tersebut , tak luput dari operasi gabungan, disisir pula dua lokasi hiburan malam, yaitu Flamboyan Karaoke dan Mega Bola Karaoke.

Namun, upaya razia ini hanya berujung dengan sanksi tindak pidana ringan (Tipiring), dengan menyita barang bukti dan hanya memberikan pembinaan baik kepada penjual miras atau pengelola tempat hiburan malam, yang kedapatan menyediakan miras, berpakaian minim, yang mengaku bekerja sebagai pemandu lagu.

“ Tadi ada sebelas perempuan pemandu di flamboyan karaoke ”, jelas kasi trantib satpol pp Kota Kediri Agus Rukmono.

Lanjut Agus Rukmono, upaya razia ini hanya berujung dengan sanksi tindak pidana ringan ( Tipiring), dengan menyita barang bukti dan hanya memberikan pembinaan baik kepada penjual miras atau pengelola tempat hiburan malam.

Meski kedapatan menyediakan miras, saat razia di Cafe Mega Bola, sempat terjadi tegang antara petugas gabungan dengan pemiliknya. Moh. Agus sudaryono, mengaku bahwa dirinya memiliki ijin lengkap dengan usahanya,

“Saya tidak jual miras, tapi saya kecolongan, ini karena ada pengunjung bawa miras dari luar “, jelas Agus dihadapan sejumlah wartawan.

Sekedar diketahui, bahwa Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kediri sangat responsif dalam tiap aduan masyarakat, dan bertindak cepat dalam menindak lanjuti tiap aduan.

Dalam berbagai kesempatan Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri Nurkhamid, memerintahkan dan mengingatkan anggotanya agar bertindak cepat dalam menindaklanjuti tiap aduan masyarakat.

Oprasi gabungan juga menyisir area Gor Joyoboyo kota kediri, di Caffe Chibi yang berlokasi di area GOR Joyoboyo berhasil mengamankan satu teko miras yang dibawa oleh salah satu pengunjung, Budi Karyanto, warga kelurahan Bandar kidul, jalan Wakhid Hasyim no. 179 B kecamatan Kota kediri.

Dalam giat operasi gabungan tersebut, turut pula diamankan satu orang perempuan (tanpa membawa identitas) , RN (25) alamat Desa Pandan wangi, Kecamatan Tempeh, kabupaten Lumajang kemudian dibawa ke mako Satpol PP Kota Kediri.

Untuk diketahui, meski baru Minggu ( 25/ 03 ) malam dilakukan operasi Gabungan , namun ironisnya masih juga ditemui anak – anak remaja lebih kurang enam orang pesta miras di pinggir jalan tepatnya di jalan Letjen Sutoyo, Kelurahan Tinalan , Kecamatan Pesantren selatan jalan, persisnya timurnya simpang empat ( kalau ke utara menuju wilayah kelurahan Burengan dan kalau ke selatan menuju arah kelurahan Tinalan ) , pada Rabu ( 28/ 03 ) sekitar pukul 1:00 WIB dini hari.

Saat itu wartawan harianumumsinarpagi.com dan wartawan dari media lain sedang melintas ke arah timur, dan sempat melihat anak – anak remaja usia tujuh belasan bernyanyi – nyanyi sambil menenggak miras.

Terkait operasi gabungan yang melibatkan TNI – POLRI dan SATPOL PP Kota Kediri yang dilaksanakan pada Senin ( 26/ 03 ) malam, Nurkhamid selaku Kabid Trantibum Satpol PP Kota Kediri menyampaikan kepada media ini, giat operasi gabungan TNI- Polri beserta Satpol PP Kota Kediri ini dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kota Kediri.*hernowo