Home Pantura DANDIM 0509 MELEPAS 10 PESERTA IVCA DENPASAR

DANDIM 0509 MELEPAS 10 PESERTA IVCA DENPASAR

739
0
SHARE

Cikarang, harianumumsinarpagi.com-Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Letkol Arh Henry Yudi Setiawan melepas 10 peserta inti dalam rangka konggres dan reli assosiasi sepeda tua sedunia yang berada di Denpasar.
“Pada tahun ini Indonesia termasuk salah satu tuan rumah dan juga menjadi anggota lntemational Veteran Cycle Association (IVCA). Dalam kegiatan itu menempun jarak kurang Iebih 1.500 kilometer,” katanya di Tambun, Kabupaten Bekasi, Minggu.
Menurut dia pelaksanaan itu melewati 20 kotadan kabupaten sepanjang pulau Jawa-Denpasar. Ini dimulai dari Cilegon Serang Tangerang Jakarta ~ Bekasi Karawang Indramayu Cirebon Tegal Pemalang.
Kemudian berlanjut ke Pekalongan-Kendal-Semarang-Kudus dan ke arah Tuban-Lamongan-Gresik-Surabaya-Probolinggo-Panamkan-Banyuwangi-Negara (Denpasar).
Setelah itu, sepuluh peserta tersebut akan berhenti di daerah Nusa Dua (Bali) guna mengikuti sejumlah kegiatan.
Dalam kegiatan tersebut adalah salah satu apresiasi terbaik dan tentunya TNI, Polri, maupun Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan dukungan kepada peserta.
Namun dalam gelaran itu juga diantar ke perbatasan Kota dan Kabupaten Bekasi oleh asosiasi sepeda tua daerah setempat. Selain itu juga mendapatkan pengawalan dari anggota TNI dan Polri hingga sampai tujuan.
Ia menambahkan kegiatan itu akan berlangsung dari 25 Maret hingga 12 April 2018. Tetapi perlu diketahui bahwa 10 peserta pada acara tersebut tidak ada penggantinya.
Jadi pada intinya 10 peserta menyatakan akan tetap mengayuh sepeda tuanya hingga tempat tujuan akhir yaitu Pulau Dewata-Bali (Denpasar). Namun peserta mendapat pengawalan khusus dan mobil medis dari TNI maupun Polri.
Sementara itu, Komite Eksekutif IVCA sekaligus Ketua Dewan Penasihat KOSTI Letjen (Purn) Soeyono mengungkapkan apresiasinya kepada TNI dan Polri yang menjadi tuan rumah penyambutan peserta kirab di Jakarta.
Dan peserta dari Jakarta langsung mengayuh sepeda tuanya mengarah ke Kabuoaten Bekasi guna melakukan makan siang dan Shalat Dzuhur. Kemudian melanjutkan langsung ke kota maupun kabupaten berikutnya.
Ini adalah pertama kali dalam sejarah, Indonesia menjadi tuan rumah bagi 50 negara yang tegabung menjadi anggota IVCA.
Senada dengan hal tersebut, Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin mengungkapkan apresiasi dan dukungan kepada 10 peserta dimana akan menempuh jarak 1.500 kilometer guna mengikuti mauoun memeriahkan pelaksanaan lntemational Veteran Cycle Association (IVCA) 2018.
Dalam gelaran itu adalah salah satu upaya untuk memperingati jasa pahlawan yang telah mempopulerkan sepeda pada jaman dahulu. Dimana nilai-nilai sejarah yang berunsurkan antik sudah mulai pudar.
Namun melalui komunitas sepeda antik tersebut nilai-nilai budaya tetdahulu terangkat kembali dan menjadi terkenal hingga mancanegara.
Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin menyebutkan dalam upaya tersebut akan menjadi contoh yang patut untuk ditiru. Dan itu nantinya akan dikemas melalui sejumlah kegiatan budaya maupun gelaran ulang tahun daerah pada Agustus 2018.*Samuel