Home Hukum Mardani: Proyek Meikarta Jangan Sampai Seperti First Travel

Mardani: Proyek Meikarta Jangan Sampai Seperti First Travel

479
0
SHARE

Bekasi, harianumumsinarpagi.com –  Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menyebutkan ada indikasi penanaman modal asing (PMA) berbaju penanaman modal dalam negeri (PMDN) dalam investasi proyek mega city Meikarta Lippo Cikarang yang mencapai Rp278 triliun. Pasalnya, dana itu banyak dari luar negeri.

“Tentunya, PMA dalam berinvestasi berbeda juga PMDN berbeda. Jika mereka shering berbeda juga,” ujarnya saat agenda Reses Komisi II DPR RI dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi, Rabu (18/10/2017) di Cikarang.

Komisi II mengajurkan agar segera Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah membuat tugas bersama.

“Kita juga tidak mau namanya pengusaha yang ingin berusaha dihambat. Tetapi  jangan juga kasus Firat Travel terjadi. Dimana secara kasat mata dengan Rp12 juta bisa Umroh. Jadi, rakyatnya yang sudah bayar Rp2 juta dan macam-macam, padahal mereka belum layak,” ujarnya.

Kendati demikian, Komisi II berharap di tahun ini sudah selesai perizinannya.

“Kami mendorong segera bentuk tim gabungan, jangan berhenti dan selesaikan,” ujarnya.

Mardani menambahkan, pengurusan IMB dan Amdal sudah diberikan pihak Meikarta, namun belum.

Saat ini sedang menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat.

“Kemarin, Komisi II sudah mengaksistensi agar Pemprov bisa jalan, tapi ternyata bahwa terakhir ada satu atau dua yang belum tuntas,” katanya.

Jadi, status qou nya, Meikarra sudah menyelesaikan Amdalnya tetapi karena ada perintah dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Pemkab Bekasi tidak memproses. *Dharma/Samuel