Home Jabodetabek Komisi III Akan Panggil Dinas LH Soal Minim Standarisasi IPAL PT SCG...

Komisi III Akan Panggil Dinas LH Soal Minim Standarisasi IPAL PT SCG Readymix Indonesia

409
0
SHARE
Ketua Komisi III, H. Kardin

Bekasi, harianumusinarpagi.com – Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi berencana akan memanggil Dinas Lingkungan Hidup (LH) setempat. Pemanggilan itu berkaitan dengan minimnya standarisasi Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) PT SCG Readymix Indonesia di Cikarang.

“Sebagai fungsi kontrol kita akan mengundang Dinas LH berkaitan dengan materi itu,” kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Kardin diruang kerjanya, Senin (9/10/2017).

Pemberitaan di media akan ditindaklanjuti dan dibahas di komisi. Dia menilai, perusahaan yang bergerak di bidang beton harus memiliki standarisasi IPAL sesuai dengan aturan.

“Apakah itu akan berdampak pada kesehatan maupun mempengaruhi air bawah tanah,” kata politisi Partai Golkar ini.

Terpisah, Kabid Penegakan Hukum (Gakum) LH Kabupaten Bekasi, Agus mengatakan pihaknya siap untuk dilakukannya penanganan apabila tidak ditemukannya standarisasi IPAL.

“Kita akan jadwalkan untuk verifikasi lapangan,” ujarnya.

Safety Manager PT SCG Readymix Indonisia Wahyudin mengaku  progres pengurusan IPAL baru pembersihan bak penampungan. Sedang area belakang dimana limbah produksi itu dibuang sedang dalam proses.

Sebelumnya, PT Readymix Indonesia yang berlokasi di Jalan Raya Cikarang-Cibarusah Bekasi bertanggungjawab atas buangan limbah produksi dilahan kosong milik perorangan, akibat tidak memiliki standarisasi IPAL pada resapan bak penampungan.

Wahyudin mengakui jika keterbatasan lahan produksi juga menjadi salah satu penyebab kurangnya prasarana instalasi pengelolaan air limbah (IPAL).

Dalam aturannya, perusahaan batching plant memiliki luas tanah mencapai 1 hektar, minimun 7000 meter persegi.

“Kami mengalami keterbatasan lahan, karena terambil lagi lahannya untuk dijual,” katanya.

Saat ini, perusahaan hanya memiliki empat bak penampungan kecil-kecil. Itu pun jika tidak (Kontinyu) segera dibersihkan akan terjadi penumpukan sehingga susah untuk diperbaiki. *Dharma/Samuel