SHARE
Ilustrasi

Lampung-SINAR PAGI

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menyalurkan blangko e-KTP kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di wilayah Lampung. Disdukcapil Bandar Lampung menerima 4.000 blangko e-KTP.

Kadisdukcapil Bandar Lampung, A Zainuddin mengatakan, ke-4000 blangko tersebut diterima pada Kamis (28/9/2017) kemarin. Sejak menerima tambahan blangko tersebut, pihaknya langsung mencetak kembali 500 e-KTP.

“Dari Kamis kemarin, dari 4000 blangko yang diterima, kami langsung cetak 500,” kata Zainuddin dikutif dari laman Lampungpost, (29/9/2017).

Namun, mantan Kabag Humas Pemkot Bandar Lampung itu mengatakan, 4.000 blangko tambahan tersebut sangat jauh dari jumlah blangko e-KTP yang diajukan pihaknya yang mencapai 40 ribu.

“Data kami yang sudah print ready record (PRR) ada 40 ribu, makanya kami ajukan segitu. Tapi ternyata hanya kebagian 4000 saja. Ya, mau bagaimana lagi,” ungkapnya.

Pihaknya mengejar pencetakan e-KTP agar dapat dibagikan door to door pada Rabu (4/10/2017) mendatang. “Iya, secepatnya kami cetak terus supaya bisa dibagi Rabu nanti ke rumah-rumah,” ujarnya.

Sepanjang tahun ini, Disdukcapil Bandar Lampung telah mencetak 26.500 e-KTP. Mengenai tambahan blangko lagi dari Pemerintah Pusat, Zainuddin belum dapat memastikan kapan akan disalurkan.

“Kalau janji-janji dari pusat belum ada. Tapi begitu habis, akan kami ajukan lagi. Nah enggak tahu nanti tambahannya berapa lagi dari pusat. Dan kapan akan disalurkan,” ujarnya.

Sementara, 150 ribu warga Bandar Lampung belum melakukan perekaman data e-KTP. Disdukcapil meminta warga segera ke kantor Kecamatan terdekat untuk melakukan perekaman.

“Sampai saat ini masih ada 150 ribu warga lagi yang belum perekaman. Makanya kami imbau untuk segera ke kantor kecamatan terdekat yang punya alat rekam bagus enggak rusak. Kalau memungkinkan bisa langsung ke Disdukcapil,” kata dia.

Setelah perekaman, masyarakat akan mendapatkan surat keterangan (suket) bukti perekaman yang dapat berfungsi sama seperti KTP-el. “Bisa buat urus di bank, buat SIM, paspor, dan lain-lain. Pokoknya bisa buat apa saja, cuma bentuknya saja yang gede,” pungkasnya.*LP/Ben